Sabtu, 01 April 2017

Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat - Saat si buah hati terserang yang namanya demam, maka akan menyebabkan sang bunda dan ayah menjadi khawatir. Terlebih jika demam tersebut lumayan tinggi.

Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat
Menurunkan Demam Anak

Menurunkan Demam Anak

Biasanya mengatasi demam anak secara medis kita akan diberi obat-obatan kimia seperti parasetamol, ibuprofen, dan acetaminophen. Memang menurunkan demam anak-anak dengan obat kimia dapat dilakukan dengan cepat. Akan tetapi terkadang para orang tua merasa takut memberikan obat kimia tersebut. karena mereka tidak ingin buah hati tercinta mengalami efek samping obat tersebut.

Menurunkan Demam Anak, Ini Caranya

Nah bagi Anda para orang tua yang beranggapan seperti itu, silahkan simak cara menurunkan demam anak tanpa obat kimia berikut ini.

Menurunkan Demam Anak Dengan Cara Kompres

Cara menyembuhkan demam anak tanpa obat yang pertama adalah dengan menggunakan kompres. Caranya ambil kain atau handuk dan basahi dengan menggunakan air dingin, tempelkan kain atau handuk basah tersebut langsung di dahi si kecil saat terbaring. Selain menggunakan kompres kain atau handuk, Anda juga bisa menggunakan kompres instan yang sekarang ini telah banyak dijual di apotik-apotik terdekat. Akan tetapi pastikan produk kompres tersebut mengandung alkohol kurang dari 70 %.

Berendam Air Hangat

Air hangat dapat membuat temperatur tubuh si kecil menjadi normal. Anda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat atau bisa juga dengan membasuh tubuh si kecil dengan air hangat saja. pada saat demam jangan memandikan atau merendam si kecil di air dingin, karena hal tersebut dapat memicu kenaikan temperatur tubuh si kecil menjadi naik secara drastis.

Beri Asupan Cairan Yang Cukup

Terkadang munculnya demam pada anak disebabkan karena adanya dehidrasi tubuh. untuk menurunkan demam anak tanpa obat, Anda bisa memberikan asupan cairan yang cukup kepada si buah hati. Terutama cairan dalam bentuk air putih, karena air putih merupakan cairan terbaik untuk mengatasi adanya dehidrasi penyebab munculnya demam tersebut. Selain memberikan asupan cairan cukup, Anda juga bisa memberikan si kecil es krim ataupun yoghurt dingin agar membantu menurunkan panas dari dalam.

Kenakan Pakaian Yang Tepat

Pakaian sangatlah penting untuk mengatasi demam anak, karena melalui pakaian inilah suhu tubuh bisa diatur secara lebih baik. Pastikan buah hati ketika demam tidak mengenakan pakaian yang tebal dan berlapis. Akan tetapi kenakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat. hal ini bertujuan agar membantu menurunkan panas demam anak secara maksimal.

Itulah beberapa cara menurunkan menurunkan demam anak tanpa obat kimia. Cara-cara diatas akan sangat efektif apabila Anda lakukan secara benar, rutin, dan sesuai dengan aturan. Salam

0 komentar:

Posting Komentar